Kamis, 27 Juni 2019

Melalui Lintas Sektoral Koramil 0804/05 Poncol Siap Mendukung Program Kesehatan Bagi Masyarakat


Magetan - Batiwanmil Koramil 0804/05  Poncol Serma Gatot menghadiri rapat lokakarya mini lintas sektor di UPTD Puskesmas Poncol yang laksanakan pada hari kamis tanggal 27 juli 2019. Berdasarkan Pedoman Perencanaan Tingkat Puskesmas dari Direktorat Jenderal Bina Kesehatan Masyarakat Depkes RI tahun 2006 bahwa Lokakarya mini lintas sektor di tingkat puskesmas sangat penting dilaksanakan untuk meningkatkan kerjasama lintas sektoral. Karena sesuai di Sistem Kesehatan Nasional (SKN)  tahun 2004 bahwa Puskesmas adalah unit pelaksana dan pelayanan tingkat pertama. Oleh karena itu UPTD Puskesmas Poncol  melaksanakan pertemuan dalam rangka Lokakarya mini lintas sektoral yang diselenggarakan di ruang rapat UPTD Puskesmas Poncol. Kamis(27/6/2019)

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Forkopimca Poncol antara lain Camat Poncol  diwakili oleh Sekcam Bpk.Tumiran M.Sos, Danramil 0804/05  Poncol Kapten Inf Suwarno diwakili Batiwanmil Serma Gatot, Kapolsek  Poncol Akp. Suwadi SE. Kepala UPTD Puskesmas Poncol dr. Roni Kusbiantoro, Seluruh Kepala Desa atau yang mewakili Sekecamatan Poncol, Perwakilan Kader posyandu Sekecamatan Poncol dan seluruh undangan sekitar 40 orang.

Fungsi puskesmas yaitu sebagai pusat penggerak pembangunan berwawasan kesehatan, pemberdayaan masyarakat dan keluarga dan sebagai pusat pelayanan kesehatan tingkat pertama. Untuk mewujudkan hal tersebut perlu adanya kebersamaan antar lintas sektoral sesuai dengan fungsi dan tugas masing-masing instansi. Serta saling membantu dalam pelaksanaan kegiatan yang ada di wilayah Kecamatan Poncol.

“Saya ucapkan terima kasih atas kehadiran dari Forkopimca Poncol atau yang mewakili dan undangan semuanya. Kegiatan lokakarya mini lintas sektoral sangat diperlukan guna untuk menjaring umpan balik atau usulan-usulan dan ini sebagai bahan perencanaan tribulanan berikutnya maupun pelaksanaan kegiatan yang ada dipuskesmas. Dalam kegiatan ini akan dipaparkan program-program yang sudah dilaksanakan maupun yang sedang dilaksanakan oleh puskesmas Poncol serta akan dipaparkan pula rencana-rencana yang akan dilaksanakan pada tribulanan berikutnya. Program-program yang dijalankan ini perlu kerja sama lintas sektoral yang ada diwilayah kecamatan Poncol “. Sambutan dari dr. Hari widodo selaku Kepala UPTD Puskesmas Poncol.

Serma Gatot dalam sambutannya menyampaikan bahwa kerjasama lintas sektor selama ini sudah baik, terutama puskesmas dengan Koramil 0804/05 Poncol. Pelaksanakan vaksin difteri anggota Koramil 0804/05 Poncol selalu ikut mendampingi bersama team puskesmas. Begitu juga Para Babinsa ikut serta dalam pelayanan posyandu. Wujud kerjasama Bidan Desa dan team pemantau jentik nyamuk para Babinsa 0804/05 Poncol ikut serta dalam pencegahan wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) dengan cara menguras bak mandi serta mengubur barang-barang bekas yang digenangi air sehingga nyamuk tidak akan bisa berkembang biak dengan baik. (R.05)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar