Selasa, 17 Desember 2019

Peran Satlinmas Desa Carikan ditingkatkan guna antisipasi terjadi Bencana


Magetan jatim, Agar anggota Satlinmas mengerti dan memahami tentang tugas pokok yaitu untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat dan kegiatan sosial kemasyarakatan. Maka perlu Pembinaan dan pelatihan untuk mendukung tugas pokok tersebut salah satunya hari ini Desa Carikan mengadakan Pembinaan dalam rangka meningkatkan Kapasitas anggota Satlinmas bertempat di Balai Pertemuan Desa Carikan Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan. (Senin, 16/12)


Anggota Satlinmas yang berjumlah 30 orang mendapat pembekalan dari Anggota Koramil 0804-13/ Bendo Pelda Budianto yaitu selain praktek dalam penanggulangan Bencana juga mendapat materi wawasan kebangsaan, agar para anggota Satlinmas lebih memahami dan mengerti sejarah berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) hingga masa-masa setelah kemerdekaan. Sehingga diharapkan para anggota Satlinmas setelah mengetahui dan mengenal sejarah Bangsa Indonesia maka akan lebih mencintai lagi terhadap NKRI dan secara ikhlas terpanggil hatinya untuk ikut serta dalam Bela Negara.

Kemudian anggota Satlinmas juga diberikan pembekalan materi tentang Bela Negara agar didalam diri para anggota Satlinmas tertanam unsur Belanegara yaitu Cinta tanah air, Kesadaran Berbangsa dan Bernegara, Menyakini bahwa Pancasila sebagai Ideologi Negara, Rela berkorban untuk Bangsa dan Negara serta memiliki kemampuan Bela Negara secara fisik dan Psikis. Kalau anggota Satlinmas sudah terpanggil hatinya untuk ikut dalam Bela Negara maka mereka dengan ikhlas dan sukarela menjalankan tugas dan fungsi sebagai anggota Satlinmas.

Setelah kegiatan ruangan selesai dilanjutkan Latihan Penanggulangan Bencana baik Pra Bencana, Saat Bencana maupun Pasca Bencana. Diharapkan anggota Satlinmas mengerti dan memahami apa saja yang dilakukan apabila terjadi Bencana. Kemudian di Latihkan juga cara baris berbaris, dimana pemberian materi ini bertujuan untuk membentuk sikap jasmani yang tegap, tangkas, disiplin dan secara tidak langsung menumbuhkan rasa tanggung jawab sehingga tercipta kekompakan sesama anggota Satlinmas. Dengan harapan bahwa dalam melaksanakan tugasnya, anggota Satlinmas selalu optimis dan penuh semangat serta percaya diri.

Pelda Budianto juga berpesan kepada anggota Satlinmas agar dalam melaksanakan tugas harus senantiasa menjunjung tinggi disiplin, ketegasan dan mempunyai pola pikir dan pola tindak yang baik, selalu memelihara jiwa korsa dengan memperhatikan rambu-rambu hak asasi manusia. harus menghormati dan melindungi martabat manusia, mempertahankan dan menegakan hak asasi manusia untuk setiap warga negara. Yang paling utama jaga persatuan dan kesatuan mulai dari tingkat Desa. Mari kita jaga Desa kita ini tetap aman dan kondusif.

"Anggota Satlinmas membantu dalam melaksanakan penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat, anggota Satlinmas juga menjadi motivator bagi partisipasi masyarakat dalam menjaga dan memelihara ketertiban dan ketentraman umum dalam bermasyarakat. Kita sudah melaksanakan Pengamanan Pilkades secara serentak, termasuk Desa Carikan juga melaksanakan Pilkades dalam keadaan lancar dan aman. Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang sudah mendukung demi suksesnya Pilkades ini. Mari kita jaga dan pelihara situasi yang kondusif ini dengan penuh rasa tanggungjawab sehingga masyarakat bisa hidup tentram dan damai". Imbuh Pelda Budianto. (budi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar