Jumat, 29 Juni 2018

Babinsa Desa Soco Berikan Pendampingan Pengairan Sawah Di Desa Binaannya


Bendo.  Babinsa Koramil 0804/13 Bendo setelah sibuk dengan pengamanan lebaran Idul Fitri 1439 H dan juga pengamanan pada  pelaksanaan Pilkada serentak 2018 yang sudah dilaksanakan dengan aman. Maka Babinsa Koramil 0804/13 Bendo termasuk Koptu Joko Susilo Babinsa Desa Soco kembali terjun ke sawah para petani untuk  melaksanakan pendampingan swasembada pangan dengan ikut serta dalam pengaturan irigasi yang berasal dari P2T, kerena sekarang musim kemarau satu-satunya irigasi berasal dari P2T jadi perlu pengawasan agar pembagian air bisa merata ke persawahan para petani. (Jumat, 29/06/18)

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan air untuk tanaman padi sebanyak 0,74 –1,2 Ltr/dtk/ha, atau 6,39 – 10,37 mm/hari/ha. Kebutuhan  air terbanyak  pada  saat  penyiapan lahan sampai tanam dan memasuki fase bunting sampai pengisian bulir padi.Kebutuhan air untuk pengolahan tanah sampai siap tanam (30 hari) mengkonsumsi air 20% dari total kebutuhan air untuk padi sawah dan fase bunting sampai pengisian bulir (15 hari) mengkonsumsi air sebanyak 35 %.

Berdasarkan data ditersebut perlu pengaturan dalam pengairan agar tanaman padi dapat tumbuh dengan baik dan mendapatkan hasil yang baik pula sesuai harapan petani. Apalagi sekarang ini baru memasuki musim kemarau dan wilayah desa soco untuk tanaman padi mulai keluar bulirnya sehingga perlu sekali irigasi yang bisa mengairi sawah mereka agar tanaman padi tersebut bisa tumbuh dengan sempurna.

Ketua kelompok tani sidodadi bapak sutopo dan masyarakat desa soco sangat senang apabila babinsa ikut serta dalam pengawasan pengairan ini sehingga dapat diatur giliran sawah mana yang harus didahulukan sesuai dengan keadaan sawahnya sehingga bisa merata mendapatkan air sesuai dengan kebutuhan sawah mereka. (R13)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar