Selasa, 11 September 2018

Babinsa Desa Giripurno Koramil 0804/10 Kawedanan Turut Meriahkan Kegiatan Bersih Desa


Magetan-Kawedanan, Salah satu kearifan budaya lokal yang sudah berabad abad berkembang pada masyarakat Jawa adalah tradisi “Bersih Desa”.Ada pepatah dari para leluhur masyarakat Jawa  yang sampai saat ini masih dipegang teguh oleh masyarakat Jawa bahwa "Wong Jowo Ojo ilang Jawane" orang Jawa jangan sampai kehilangan jati dirinya sebagai orang Jawa. Kata kata ungkapan tersebut masih melekat pada masyarakat Desa Giripurno Kecamatan Kawedanan dan sekitarnya. Hal tersebut dapat kita lihat dari serangkaian acara ritual Bersih Desa atau Bersih Dusun yang dilaksanakan di Makam leluhur di area Gunung Bancak Desa Giripurno Kecamatan Kawedanan. Selasa 11/9/2018.


Sebagai Desa yang masih memegang teguh nilai nilai budaya leluhur Desa Giripurno  sangat memperhatikan kearifan nilai Budaya lokal. Seperti pelaksanaan Bersih Desa yang di laksanakan setiap Bulan Muharram atau Bulan Suro menurut penanggalan Jawa. Disamping sebagai upaya pelestarian nilai nilai budaya lokal juga sebagai perwujudan dari rasa Syukur Kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Dalam acara bersih Desa tersebut menghadirkan peceramah dari Temboro Kyai Muzaer . Adapun undangan yang hadir sebagai berikut , Camat Kawedanan Cahya Wijaya S.TPP M.Si , Danramil Kawedanan yang diwakili oleh Babinsa Desa Giripurno Serka Wagimun , Kapolsek Kawedanan yang di wakili oleh Babinkamtibmas , Kepala Desa Giripurno H Rochmadin Kepala Desa Pojok Ir Sucipto , Toga , Todat , Tomas dan masyarakat Desa Giripurno yang hadir lebih kurang1500 orang.

Bersih Desa di Makam leluhur Desa Giripurno yang terletak di Area Gunung Bancak suasananya sangat kidmat dan sangat ritual karena ,   manusia dan alam merupakan satu kesatuan , hubungan dua elemen tersebut seakan tak bisa lepas satu sama lain , sebuah hubungan simbiosis yang menjadi keniscayaan. Kehidupan yang selaras ini mampu menguatkan sensifitas spiritual. Masyarakat jawa memang hidup di tengah berbagai simbolisme , sebagai wujud spiritual. Kepercayaan terhadap sesuatu diluar manusia inilah yang memunculkan simbol simbol yang mampu menjaga relasi hubungan manusia dengan alam. Dan salah satunya ialah ritual Bersih Desa.

Ritual bersih desa tidak selalu sama antara desa satu dengan desa yang lainya. Karena leluhur yang membawa tradisi tersebut berbeda beda. Bisa jadi ritual bersih desa yang ada di Desa Giripurno akan berbeda dengan ritual bersih desa yang ada di luar desa Giripurno. Meski berbeda secara ritual namun tujuannya adalah sama sebagai perwujudan sinerginya manusia dengan alam. (tsr/R10)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar