Sabtu, 06 Oktober 2018

Koramil 0804/04 Parang : Melestarikan Seni Budaya Tayub Babinsa Desa Krajan Hadiri acara Bersih Desa.


Magetan-Parang, Koramil 0804/04 Parang Kodim 0804 Magetan,Bintara Pembina Desa ( Babinsa ) Desa Krajan Menghadiri acara bersih Desa di Desa Krajan Kec. Parang Kab Magetan.


Kesenian Tayub merupakan pertunjukan seni yang diadakan untuk ungkapan rasa syukur ke Hadirat Tuhan Yang Maha Esa melalui media sedekah bumi ( bersih desa ) akan keyakinan pada dayang ( penunggu ), ataupun pada saat masyarakat punya hajat yang biasanya diselenggarakan pada saat musim panen. Keberadaan tayub masih bertahan di daerah sekitar Jawa Timur. Namun seiring perkembangannya, dari kalangan Islam kesenian tayub menuai pro dan kontra di tengah masyarakat. Dari pandangan islam kesenian tayub di anggap melanggar hukum yang ada dalam islam. Sebagian masyarakat menganggap kesenian tersebut untuk hiburan dan dapat di terima dengan baik dimasyarakat.

Sebagai Kepala Desa Krajan Bpk Mujiono mengungkapkan maksut diadakanya acara bersih Desa ini adalah tidak lain dan tidak bukan adalah untuk melestarikan kesenian yang kita miliki dan acara bersih Desa adalah adat Tradisi atau warisan Nenek Moyang yang sudah turun temurun dilakukan oleh generasi penerusnya.

Sebagai Bintara Pembina Desa Krajan Sertu Supono sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini,karena kegiatan seperti ini bisa menumbunkan lagi rasa persatuan dan kesatuan terutama pola hidup gotong royong yang supaya pola hidup gotong royomg tidak hilang.( R 04 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar