Kamis, 26 Juli 2018

Kopka Tri Agung, Panen Padi Bersama Petani Desa Kinandang


BENDO, Untuk mewujudkan program pemerintah dalam swasembada pangan salah satunya hasil padi, Babinsa Koramil 0804/13 Bendo selain melaksanakan tugas pokoknya sebagai Babinsa, Juga  melaksanakan pendampingan kepada para petani dalam rangka mensukseskan program swasembada pangan oleh pemerintah tersebut. Dalam pendampingan Kopka Tri Agung Babinsa Desa Kinandang ikut serta dalam panen padi disawah milik Bapak Jari Poktan Tunas baru 1 Desa Kinandang Kecamatan Bendo.(Kamis, 26/07/18)

Pemerintah dalam mewujudkan swasembada pangan tidak dapat melakukannya sendiri, namun butuh bantuan berupa partisipasi aktif semua elemen dalam masyarakat. Begitu juga pelibatan TNI dalam pendampingan swasembada pangan ini. Babinsa Desa Kinandang Kopka Tri Agung melaksanakan pendampingan kepada para petani mulai dari pengolahan lahan, pembibitan, tanam, penyiangan, pemupukan dan penyemprotan hama serta ikut dalam pendampingan panen padi seperti sekarang ini.

Dalam mewujudkan program pemerintah ini tidak sepenuhnya dapat berjalan dengan mudah karena harus menghadapi beberapa kendala yang bersifat klasik. Contohnya masih terjadi ketimpangan pusat produksi pertanian sangat besar. Hampir 40% dari luas persawahan yang ada diwilayah indonesia terkonsentrasi di Pulau Jawa.

Kalau kita lihat luas pulau jawa hanya 7% dari luas daratan Indonesia yaitu sebesar 181 juta hektare. Sedangkan 60% penduduk Indonesia bertempat tinggal di pulau Jawa. Inilah yang menjadi kendala karena lahan sawah di pulau Jawa setiap tahun semakin menyusut dan hilang karena beralihnya fungsi untuk pemukiman atau perindustrian.

Sebagai Babinsa Kopka Tri Agung harus mempuyai cara untuk mengatasi hal tersebut, salah satunya dengan mengajak peran aktif para petani dan ketua poktan untuk mempercepat musim tanam setelah panen hari ini agar lahan persawahan tidak terlalu lama kosong. Dengan percepatan musim tanam diharapkan hasil panen akan maju. Serta mengajak para petani agar terus tanam padi walaupun musim kemarau sehingga dalam satu tahun bisa panen tiga kali sehingga target pemerintah dalam swasembada pangan akan segera terwujud.

Bapak Jari anggota kelompok tani tunas baru desa kinandang mengatakan bahwa untuk panen padi kali ini hasilnya meningkat dan lebih cepat dibanding tahun lalu. Walaupun ini musim tanam kedua namun hasilkan tidak kalah dengan yang pertama. Karena hama dan penyakit padi lain relatif berkurang. Bapak Jari juga mengucapkan terimakasih kepada bapak babinsa yang selalu aktif dalam pendampingan ke petani maupun poktan desa kinandang sehingga hasil panen dapat meningkat, walaupun Bapak Babinsa sibuk dengan tugas-tugas lainnya namun tetap Bapak Babinsa ikut terjun ke sawah-sawah warga. (R13)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar