Rabu, 18 Juli 2018

Membentuk Generasi Muda Yang Nasionalis Berdasarkan Nilai-Nilai Pancasila Dan UUD 1945


BENDO, Dalam rangka mempertebal pengetahuan tentang wawasan kebangsaan untuk menanamkan cinta tanah air dan bela negara kepada pelajar sebagai generasi penurus bangsa, Maka Danramil 0804/13 Bendo memberikan materi tentang wawasan kebangsaan dan cinta tanah air sebagai wujud ikut serta  menjaga dan mempertahankan NKRI harga mati yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 kepada siswa-siswi baru SMPN 1 Bendo yang sedang melaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). (Rabu, 18/07/18)

Penanaman wawasan kebangsaan, Cinta tanah air dan bela Negara serta pemahaman terhadap keberadaan Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia, harus dimulai sejak usia dini. Karena hal tersebut bertujuan untuk mencegah masuknya ideologi yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila di kalangan pelajar. Keberadaan Pancasila harus menjadi pondasi yang kuat sebagai warga negara Indonesia. Saat ini banyak sekali budaya-budaya barat yang tidak sesuai norma-norma Pancasila. Hal ini yang terus kita lakukan upaya pencegahan. Tutur Kapten Inf Efendi Santoso.

Danramil 0804/13 Bendo Kapten Inf Efendi Santoso menyampaikan juga bahwa Generasi muda merupakan generasi penerus yang ekstensinya sangat menentukan langkah kehidupan masyarakat, Bangsa dan Negara kedepan. Untuk itu generasi muda diharapkan mampu memberikan kontribusi sesuai dengan kapasitas masing masing. selain pembekalan pemahaman Pancasila sebagai ideologi bangsa, melalui wawasan kebangsaan, para pelajar juga diberikan pengenalan makna dari Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan bangsa. Untuk dapat menanamkan rasa persatuan dan kesatuan di dalam diri para pelajar untuk tetap menjaga keutuhan NKRI harga mati.

Selain Materi Wawasan Kebangsaan, Cinta tanah air dan Bela Negara, Para siswa juga diberikan pelatihan baris berbaris agar terbetuk sikap jasmani tegap, tangkas dan disiplin serta untuk menumbuhkan rasa tanggungjawab pada diri para siswa. Kemudian para siswa juga di ajak oleh anggota Koramil 0804/13 Bendo untuk bermain outbond agar para siswa terhibur setelah menerima materi diruangan. Namun kegiatan outbond selain menghibur juga untuk menumbuhkan rasa kekompakan dan rasa tanggungjawab masing-masing individu untuk kepentingan kelompok atau teamnya.

Drs. Jaini M.MPd. Selaku Kepala SMPN 1 Bendo mengucapkan banyak terima kasih kepada Danramil 0804/13 Bendo dan anggota yang telah memberikan wawasan kebangsaan dan NKRI harga mati serta anggota Koramil juga memberikan materi outbond ini untuk melatih  kekompakan dan rasa kebersamaan pada siswa-siswi kami, Smoga anak-anak didik kami nantinya menjadi generasi penerus yang cerdas dan berkwalitas sehingga bisa bersaing dengan negara-negara lain. Harapan kedepan dengan adanya hubungan yang erat bersama anggota Koramil 0804/13 Bendo ini, Kegiatan-kegiatan semacam ini bisa kembali dilaksanakan. (R13)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar