Senin, 23 Juli 2018

Sinergitas - Puskesmas Dan Koramil 0804/10 Dalam Rangka Pencegahan Klb Difteri Di Desa Sugihrejo Kewedanan

Kewedanan, www.kodim-magetan.com Dalam rangka penanggulangan dan pencegahan Kejadian Luar Biasa (KLB) Difteri di wilayah kecamatan kawedanan, maka puskesmas Kawedanan. dan didampingi anggota koramil 0804/10. melaksanakan kegiatan Outbreak Response Immunization (ORI)  Difteri pada anak yang akan dilaksanakan 3 kali ( 3 putaran). Untuk putaran pertama sudah dilaksanakan pada bulan Pebruari dan maret 2018. Sekarang sedang diadakan imunisasi putaran ketiga dengan sasaran balita usia 1 sampai dengan 5 tahun terlebih dahulu dan hari ini dilaksanakan di desa Sugihrejo Kawedanan. (Senin, 23 Juli. 2018)


Kegiatan Outbreak Response Immunization (ORI) Difteri ini dihadiri oleh Kepala Desa Sugihrejo Bapak Jumadi, Bidan Desa Sugihrejo Endang Sri S. Amd. Keb. Bidan Desa Erna Suhartatik Amd, Keb. dan 10 petugas dari puskesmas, Bati Bakti Serka Sumadi, Babinsa Desa Sugihrejo Serda Pahari - Serda Mulud. posyandu 8 orang,

Imunisasi di wilayah kecamatan kawedanan hari ini dilaksanakan  desa Sugihrejo. Sedangkan jumlah sasaran untuk desa Sugihrejo posyandu 1 sebanyak 40 anak, Posyandu 2 sebanyak 35 anak dan. Jadi jumlah desa sebanyak 75 anak. Jumlah keseluruhan

"Difteri merupakan penyakit pada selaput lendir pada hidung serta tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri. Penyakit ini dapat menimbulkan lapisan tebal berwarna abu-abu pada tenggorokan sehingga dapat membuat anak sulit makan dan bernapas. Bila infeksi tidak diobati, toksin yang dihasilkan oleh bakteri bisa menyebabkan lumpuh dan gagal jantung jika dibiarkan, itulah pentingnya diberikan Imunisasi sekarang ini" tutur Serka sumadi Bati bakti Koramil 0804/10 kawedanan kepada ibu-ibu yang lagi mengantri mengantar putra-putrinya yang akan di Imunisasi/ Vaksin.

Endang Sri S, Amd. Keb. Selaku Bidan Desa Sugihrejo menyarankan bagi para orangtua, apabila lupa atau masih kurang dalam memberikan imunisasi DPT kepada putra putrinya, maka diharapkan untuk segera mendatangi puskesmas untuk melengkapi. Beliau menambahkan pula jika dalam suatu daerah sudah berstatus kawasan KLB (Kejadian Luar Biasa) salah satunya kasus difteri ini sudah bisa disebut KLB maka semua anak yang berumur 1 sampai 19 tahun harus ditambah tiga kali imunisasi difteri lagi, dengan interval 0-1-6 bulan yaitu yang sudah dilaksanakan bulan februari dan maret kemarin tahap 1. Sekarang ini sedang dilaksanakan tahap 2 dan rencana tahap 3 dilaksanakan bulan November 2018.

Kepala Desa Sugihrejo menyampaikan ucapan terimakasih kepada petugas dari puskesmas Kawedanan dan anggota koramil 0804/10 Kawedanan yang telah melaksanakan tugas pemberian Vaksin dalam rangka pencegahan difteri kepada putra-putri warga kami sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan tertib dan aman dan mudah-mudahan warga kami terhindar dari penyakit difteri tersebut. ( Phr ..  R10 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar