Rabu, 20 Maret 2019

Babinsa Desa Ngancar Dampingi Petugas Puskesmas Plaosan dalam Pos Lansia

Plaosan, Posyandu lansia merupakan pengembangan dari kebijakan pemerintah melalui pelayanan kesehatan bagi lansia yang penyelenggaraannya melalui program Puskesmas Plaosan Melalui POSKESDes Ngancar dengan melibatkan peran serta para lansia, keluarga, tokoh masyarakat dan organisasi sosial dalam penyelenggaraannya kemudian Posyandu lansia / kelompok usia lanjut adalah merupakan suatu bentuk pelayanan kesehatan bersumber daya masyarakat atau /UKBM yang dibentuk oleh masyarakat berdasarkan inisiatif dan kebutuhan itu sendiri khususnya pada penduduk usia lanjut. Pengertian usia lanjut adalah mereka yang telah berusia 60 tahun keatas.
Tujuan Posyandu Lansia

Tujuan pembentukan posyandu lansia secara garis besar antara lain :
Meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan lansia di masyarakat, sehingga terbentuk pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan lansia dan Mendekatkan pelayanan dan meningkatkan peran serta masyarakat dan swasta dalam pelayanan kesehatan disamping meningkatkan komunikasi antara masyarakat usia lanjut.

Demikian halnya yang telah dilaksanakan pada  Rabu, (20/3/2019) oleh Babinsa Koramil 0804/02 Sertu Purmiadi bersama Petugas Dari Puskesmas Plaosan dan Bidan Desa yang secara rutin melaksanakan Kegiatan Pos Lansia pada  setiap bulan nya dan bertempat di rumah bapak kamituwo agus di Dusun Geyong Geyong  Desa Ngancar, pada kesempatan itu
Peran aktif babinsa dalam pelaksanaan kegiatan Posyandu ini merupakan salah satu bentuk kepedulian TNI terhadap kesehatan masyarakat kusus nya bagi para anak balita dan lansia .
Kegiatan posyandu ini sangat penting untuk dilaksanakan di wilayah ,sehingga memudahkan masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan secara cepat dan mudah terjangkau dari tempat tinggal nya masing masing.
Sementara itu ketua posyandu ibu Ernawati menyampaikan apresiasi kepada babinsa yg turut hadir dalam kegiatan posyandu dan dapat memberikan motivasi dan tauladan bagi masyarakat kusus nya masyarakat desa ngancar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar