Senin, 18 Maret 2019

Babinsa Koramil 0804-11/Takeran penyemprotan Rumput di lahan Persit


Magetan,  Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 0804/11Takeran, Sertu Budi Prabowo jajaran Kodim 0804/Magetan mendampingi ibu Persit Ranting 12 Koramil 11 Takeran melakukan penyemprotan rumput pada lahan tidur yang berada di area Koramil 11 Takeran dimana kegiatan ini merupakan Program dari Ketua Persit KCK Cabang XVIII Kodim 0804/Magetan. Jumat (    15/03/19 ).
Sertu Budi Prabowo menjelaskan, gulma/rumput salah satu kendala utama memperoleh hasil yang baik dalam budidaya tanaman sayuran maupun yang lainnya, oleh karena itu oerlu adanya penanganan yang serius.

Penyemprotan pembasmian gulma/ rumput pada tanaman dan membersihkannya brrtujuan untuk menghindari persaingan gulma/rumput dengan tanaman yang akan ditanam dalam masa pertumbuhan tanaman tersebut. Sehingga pada masa pertumbuhan nanti akan besar sekali pengaruhnya terhadap penurunan hasil panen.
“Gulma dapat menurunkan hasil panen karena ada persaingan antara gulma itu dengan tanaman yang ditanam, dalam pengambilan unsur hara, air dan cahaya,” katanya.
Ada beberapa gulma/rumput yang dapat dijadikan tanaman inang oleh hama dan penyakit tanaman sayuran atau tanaman lainnya, sehingga kalau dibiarkan gulma/rumput tumbuh tanpa dikendalikan, jelas kerugian akan didapat, termasuk kerugian akibat peledakkan hama dan penyakit.
Dalam pelaksanaan penyemprotan gulma/rumput pada lahan tanah dilakukan tidak sekali namun dilihat sesuai hasil penyemprotan awal, untuk mengantisipasi gulma/rumput tumbuh lagi karena kurang maksimalnya penyemprotan.
Selain itu, juga untuk memberikan kesuburan terhadap lahan yang akan di tanam terlebih dahulu menghilangkan gulma/rumput yang bakal tumbuh di sekitar tanaman, pengendalian gulma/rumput umumnya sudah dilakukan para Babinsa dengan cara kimiawi dengan penggunaan herbisida atau penyemprotan dengan racun gulma tanaman liar, dengan ada kegiatan itu, tanaman yang di tanam nantinya akan tumbuh subur dan diharapkan hasil panen maksimal, imbuhnya. (tsr/11 ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar