Selasa, 05 Maret 2019

Babinsa desa Ngiliran dari koramil 0804/03 Panekan kodim 0804 Magetan Hadiri RAT Gapoktan Sumber Makmur


Magetan, Sebagai organisasi yang mempunyai Basis dasar hukum maka penyelenggaraan Rapat Anggota Tahunan (RAT) sangatlah penting guna mengetahui kemajuan dan keberhasilan Gapoktan sumber makmur desa ngiliran kec. panekan.
Gapoktan yang melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT) anggaran 2018 bertempat di balai desa Ngiliran kecamatan panekan. Senin sore (4/03/19).


Dalam rapat tersebut dihadiri oleh Mantri tani Kec. Panekan Ibu Listyorini. SP, Tim tehnis puap dinas pertanian kab. magetan ibu Sri Suciati , SP,  Kepala desa  ngiliran Bpk. Karmo, Kasi Pmd  Kecamatan  panekan  Bpk. Kuntadi, PPL  Ibu Iswati, Babinsa  serma Jumadi dan anggota Gapoktan sumber makmur  25 orang.

Tujuan dilaksanakannya RAT merupakan sebagai pertanggung jawaban pengurus kepada anggota dalam menjalankan tugasnya selama satu tahun. Bentuk pertanggung jawaban tersebut dituangkan dalam sebuah laporan.

Di sela rapat Babinsa serma jumadi menghimbau agar para petani mendukung program swasembada pangan dengan cara meningkatkan kerjasama antara Babinsa dan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) sehingga hasil yang diperoleh pada masa panen yang akan datang dapat lebih maksimal.

Mantri tani   kecamatan panekan ibu Listyorini, SP. juga menghimbau kepada petani agar senantiasa cepat dan tanggap dalam melaporkan segala kendala yang muncul seperti hama dan penyakit sehingga dapat dilakukan tindakan preventif dan pencarian solusi dengan cepat sehingga kendala segera dapat diatasi.

Masalah keuangan yang dikelola Gapoktan harus terus dikembangkan sesuai dengan aturan untuk kesejahteran seluruh anggota. Setiap kegiatan yang ada di Gapoktan harus ada evaluasi dan laporan kedepan agar lebih baik lagi. Perlu ada keterbukaan antara pengurus dan anggota agar terjalin hubungan yang harmonis.

RAT sebagai bentuk laporan sekaligus evaluasi kegiatan yang sudah berjalan serta merencanakan kegiatan yang akan datang. Melalui RAT ini dapat diketahui kemajuan yang dicapai dalam satu tahun kemarin. Demi kemajuan Gapoktan sumber makmur agar mampu mensejahterakan para petani. terangnya.  (tsr R. 03)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar