Rabu, 10 April 2019

Sukseskan program Ketahanan Pangan Babinsa Turun Kelapangan


Magetan - Dalam upaya mendukung program pemerintah dalam upaya ketahanan pangan, selaku aparat kewilayahan Babinsa turun langsung dan berperan aktif dalam upaya mensukseskan program tersebut. Salah satu kegiatan yang berkaitan yaitu hadir pada pertemuan yang di selenggarakan oleh Gapoktan Mulyo Abadi Desa Sidomulyo Kec. Plaosan kab. Magetan. Rabu(10/4/2019)

Gapoktan yang terdiri dari gabungan beberapa kelompok tani ini bekerjasama untuk meningkatkan skala ekonomi dan efisiensi usaha dan memperkuat kelembagaan petani yang ada, sehingga pembinaan pemerintah kepada petani akan terfokus dengan sasaran yang jelas.

Menurut ketua gapoktan Mulyo Abadi, Sarengat Desa Sidomulyo mempunyai 7 kelompok Tani, yaitu dusun gondang poktan ngudi makmur, dusun gangging Poktan multi makmur , dusun Ngijo poktan Sri mulyo,  dusun Ngrobyong poktan sekar gading serta dusun klatak poktan Tani makmur.

Hartoyo selaku PPL Kec Plaosan  mengatakan fungsi gapoktan adalah memudahkan para PPL dalam melakukan pembinaan untuk memfasilitasi para petani mengembangkan usahanya, memudahkan para pengambil kebijakan untuk melaksanakan program - program yang akan di kembangkan serta memudahkan penyuluh pertanian melakukan pemberdayaan terhadap petani.  “tuturnya”

Sertu Sadino selaku Babinsa Sidomulyo menyampaikan beberapa harapannya dengan adanya gapoktan, diharapkan kemampuan petani meningkat dalam mengembangkan Agrobisnis, kelompok tani menjadi organisasi yang kuat dan mandiri yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan para petani.

Hal ini akan tercapai bila dengan sungguh sungguh diterapkannya Komponen Tehnologi Dasar yang meliputi  varietas unggul, Benih bermutu dan berlabel, Pembuatan saluran drainase dan populasi tanaman serta pengendalian OPT (organisme pengganggu tanaman)  sesuai prinsip PHT ( pengendalian hama terpadu), “kata Babinsa Sidomulyo”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar