Rabu, 27 Februari 2019

Antisipasi DBD Babinsa Malang bersama Puskesmas Maospati melaksanakan Fogging

Magetan, Guna mencegah merebaknya penyakit DBD Babinsa Koramil 0804/06 Maospati bekerjasama dengan Puskesmas Maospati melaksanakan giat fogging di wilayah Desa Malang Kecamatan Maospati yang merupakan desa binaan Serda Hartoyo, Rabu (27/02/19).

Kegiatan fogging ini menggunakan alat fogging dari Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan dan petugas fogging dari Puskesmas Maospati serta Babinsa. Fogging difokuskan di Rt. 03/01 dan Rt. 04/01 Desa Malang Kecamatan Maoapatk.


Bapak Harnoto selaku ketua team fogging dari Puskesmas Maospati mengatakan, Demam Berdarah Dengue (DPD) merupakan penyakit yang disebabkan oleh Virus Dengue yang penyebarannya melalui gigitan nyamuk Aides Aegypti. Oleh sebab itu langkah yang diambil oleh Dinas Kesehatan yang bekerjasama dengan perangkat desa serta Babinsa adalah melakukan tindakan pengasapan/fogging, dengan tujuan memutus siklus penyebarannya dan memberantas nyamuk tersebut agar tidak bisa berkembang biak lebih banyak,” ujarnya.

Sementara itu menurut Babinsa Malang Serda Hartoyo  mengatakan kegiatan fogging terhadap nyamuk DBD ini merupakan wujud kepedulian TNI terhadap masyarakat di wilayah Koramil 0804/06 Maospati. Lebih lanjut juga disampaikan, kegiatan fogging ini murni kegiatan teritorial kewilayahan yang sering dilaksanakan, "diharapkan setelah dilaksanakan giat fogging di wilayah Desa Malang diharapkan  terbebas dari penyakit DBD. Masyarakat diharapkan selalu menjaga kebersihan lingkungan agar tidak memberi kesempatan bagi nyamuk untuk bersarang dan berkembang biak, dengan cara 3 M (Menguras, Menutup dan Mengubur),” jelas Serda Hartoyo

Kades Malang melalui Kaur Kesra  meyampaikan sangat terima kasih kepada anggota Koramil Maospati yang telah bekerjasama dengan Puskesmas Maospati, sehingga dapat melaksanakan Fogging di wilayah Desa Malang sehingga dapat mengurangi dari nyamuk yang sangat berbahaya. Diharapkan kegiatan fogging ini bisa berkesinambungan sehingga Desa Malang terbebas penyakit Demam Berdarah (DBD).  [tsr R06]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar