Senin, 28 Januari 2019

Danramil 0804/10 Kapten Caj Jemani Berikan Arahan Pada Upacara Bendera Di SMP 2 Kawedanan


Magetan - Upacara  Bendera di SMP 2 Kawedanan kali ini terasa luar biasa karena Danramil 0804/10 Kawedanan Kapten Caj Jemani berkesempatan menjadi pembina Upacara  sekaligus memberikan arahan kepada Seluruh siswa  SMPN 2 Kawedanan. Senin(28/1/2019)

Selaku pembina Upacara Danramil memberikan amanatnya yang  Pertama menggugah pemahaman tentang makna dari kegiatan Upacara mengapa harus dilaksanakan karena ada beberapa Arti dan Makna yang terkandung dalam upacara diantaranya pertama , Disiplin para siswa harus tepat waktu dan sesuai dengan urutan Upacara yang telah diatur.

Selanjutnya kedua Kepemimpinan, karena setiap upacara siswa akan ditunjuk menjadi pemimpin dalam pelaksanaan kegiatan sesuai tugas dan tanggung jawabnya dalam Upacara  disinilah kesempatan menunjukan yang terbaik kepada rekan dan Dewan Gurunya.

Yang ketiga menggugah kembali rasa Nasionalisme berarti menanamkan rasa Cinta terhadap Tanah Air dengan melaksanakan Penghormatan kepada Bendera Sang Saka Merah Putih.

Selanjutnya Danramil menyampaikan tentang Pancasila, sebagai siswa Generasi Muda pada Tingkat SLTP masih polos mudah dipengaruhi, maka perlu adanya pemahaman tentang Pancasila dan penerapannya dalam kehidupan sehari hari sesuai Butir-butir Pancasila yang ada dan dipahami juga di amalkan dengan sempurna.

Dalam amanatnya menjelaskan secara singkat nilai nilai yang terkandung dalam Pancasila dari Sila Pertama sampai Sila ke Lima.

Keempat mengulas tentang Etika  bagaimana pentingnya pemahaman Etika bagi Siswa siswi Setingkat SMP karena Etika ini akan menunjukan Moral dan Akhlak yang baik maka Etika harus diterapkan terhadap Kedua Orang Tua, Ibu Bapak Guru dan bermasyarakat serta sesama rekan siswa.

Kelima masalah pergaulan anak remaja siswa siswi perlu penanaman Keimanan dan Ketaqwaan dalam kehidupan karena ini yang menjadi Dasar untuk dipegang Teguh agar tidak  berpengaruh hal hal yang negatif dalam pergaulan diantaranya Pergaulan Bebas, Narkoba, Minum minuman Keras dan Merokok serta dampak negatif dari penggunaan IT yang tidak terkontrol.

Sebelum meninggalkan mimbar Upacara Danramil memberikan pembekalan kepada siswa siswi bagaimana sikap yang baik dalam upacara sehingga upacara menjadi lebih hikmat dengan memeragakan, mengomtari, mengoreksi dan siswa siswi melaksankan sikap yaitu Sikap sempurna, Sikap istirahat dan Tata cara Menghormat.

Siswa siswi secara serentak dapat mengikuti aba aba ternyata dalam waktu 5 menit siswa siswi dapat melaksanakan dengan baik ketiga sikap tersebut semoga dapat diterapkan pada Upacara Senin berikutnya.

Dalam kegiatan Upacara dihadiri Kepala Sekolah SMP 2 Kawedanan Bapak Subairi Mpd  , 50 Staf Sekolah dan 42 Ibu/Bapak Guru serta 325 Siswa (175 Siswa dan 150 Siswi) , Pada kesempatan ini Kepala Sekolah berterimakasih kepada Danramil 10 Kawedanan Kapten Caj Jemani dan juga Babinsa Serda Endrik Ujar yang selama ini Babinsa mengisi kegiatan ekstrakurikuler di Sekolah ini  dan lain waktu bisa mengisi dalam kegiatan di sekolah ini. (R10)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar