Senin, 28 Januari 2019

Guna Capai Swasembada Pangan Babinsa Desa Kledokan Rutin Berikan Pendampingan Petani Padi Wilayah Binaan


Magetan -  Untuk mewujudkan program pemerintah dalam swasembada pangan salah satunya hasil padi, Anggota Koramil 0804-13/ Bendo terutama para Babinsa berperan aktif dalam pendampingan kepada para petani mulai dari pengolahan lahan sampai dengan panen. Oleh karena itu Babinsa Koramil 0804-13/ Bendo tidak henti-hentinya untuk terjun langsung ke sawah-sawah para petani agar dapat mengetahui kondisi tanaman padi serta kendala-kendala yang dihadapi para petani pada musim tanam padi kali ini. (Senin, 28/01/19)

Pemerintah dalam mewujudkan swasembada pangan tidak dapat melakukannya sendiri, namun butuh bantuan berupa partisipasi aktif semua elemen dalam masyarakat. Begitu juga pelibatan TNI dalam pendampingan swasembada pangan ini. Para Babinsa melaksanakan pendampingan kepada para petani mulai dari pembibitan, pengolahan lahan, tanam, penyiangan, pemupukan dan penyemprotan hama serta ikut dalam pendampingan pada saat panen padi nantinya.

Dalam mewujudkan program pemerintah ini tidak sepenuhnya dapat berjalan dengan mudah karena harus menghadapi beberapa kendala yang bersifat klasik. Contohnya masih terjadi ketimpangan pusat produksi pertanian sangat besar. Hampir 40% dari luas persawahan yang ada diwilayah indonesia terkonsentrasi di Pulau Jawa. Untuk Pulau jawa sendiri lahan sawah sudah banyak berubah menjadi Bangunan Perumahan maupun Kawasan Industri.

Sebagai Babinsa Anggota Koramil 0804-13/ Bendo harus mempuyai cara untuk mengatasi hal tersebut, salah satunya dengan mengajak peran aktif para petani dan ketua poktan untuk membuat pembibitan padi guna mempercepat musim tanam ini agar lahan persawahan tidak terlalu lama atau kosong. Dengan percepatan musim tanam diharapkan hasil panen akan maju. Serta mengajak para petani agar terus tanam agar dalam satu tahun bisa panen tiga kali sehingga target pemerintah dalam swasembada pangan akan segera terwujud. (R13)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar